Article Detail

Pembelajaran Kolaboratif Antar Mata Pelajaran Meningkatkan Softskill


Pembelajaran Kolaboratif Antar Mata Pelajaran Meningkatkan Softskill



Pembelajaran jarak jauh tidak dipungkiri akan melatih dan “memaksa” siswa maupun guru untuk melek teknologi. Selain itu, perkembangan teknologi yang pesat juga melatih guru untuk terus berinovasi dan mencari strategi terbaik dalam kegiatan belajar mengajar. Inovasi maupun strategi yang dilakukan tentu akan berguna bagi perkembangan pengetahuan dan keterampilan siswa. Salah satu strategi dan inovasi tersebut yaitu pembelajaran kolaboratif antar mata pelajaran. Ada banyak manfaat yang didapat oleh siswa maupun guru, seperti contoh dapat mempercepat tercapainya tujuan pembelajaran, kemudian meningkatkan kreativitas dan inovasi siswa untuk menggabungkan dua atau lebih mata pelajaran.

Melalui pembelajaran kolaboratif, siswa diharapkan memiliki pemaknaan yang lebih akan materi pembelajaran. SMA Tarakanita Gading Serpong sudah menerapkan model pembelajaran kolaboratif antar mata pelajaran. Pada akhir bulan Agustus, mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik di kolaborasikan dengan Bahasa Inggris. Para siswa diminta untuk menjelaskan identitas dan juga potensi diri dengan menggunakan bahasa Inggris dikemas dalam bentuk video.

Proses dalam menghasilkan produk dari pembelajaran kolaboratif tersebut, siswa belajar untuk kreatif. Kreatif disini dapat terealisasikan saat para siswa menyusun konsep dalam pembuatan video,kreatifitas juga dapat dituangkan para siswa pada saat menyampaikan isi dari video, dan lain sebagainya. Selain itu, para siswa juga tertantang untuk berinovasi membuat tampilan video hingga isi video agar menarik dan mudah dipahami oleh pendengar. Kemudian, siswa juga belajar untuk berefleksi tercermin saat mereka memahami potensi diri dengan menjelaskan kelebihan dan kekurangan mereka masing-masing. Di samping itu, tujuan dari pembelajaran Agama serta Bahasa Inggris juga dapat tercapai di mana siswa dapat menjelaskan diri mereka sendiri. Dengan demikian, pembelajaran dengan model kolaborasi antar mata pelajaran diharapkan dapat terus berkembang di mata pelajaran yang lain, agar dapat meningkatkan kreatifitas, inovasi, dan kemampuan siswa.


_Penulis : Margareta Dinda Ayuningtyas, S.Pd._



Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment