Article Detail
Sistem Pembelajaran Kreatif
Sistem Pembelajaran Kreatif
Undang- Undang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS) No.20 tahun 2003
menyatakan bahwa Pendidikan merupakan suatu usaha yang dilakukan secara sadar dan
terencana untuk mewujudkan suasana dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif
mampu mengembangkan potensi dan keterampilan yang diperlukan oleh dirinya dan masyarakat.
Salah satu tujuan Pendidikan adalah membuat Siswa menjadi bisa berkembang dan mampu
mengembangkan ide-ide kreatif dan keterampilannya. Dalam pembelajaran, sangat baik apabila
siswa dapat mengembangkan diri secara bebas dan kreatif melalui proses pembelajaran yang
diberikan oleh Bapak dan Ibu Guru di Sekolah.
Agar siswa bisa berkembang dan menuangkan ide kreatifnya adalah siswa harus merasa
tertarik dulu dengan pelajarannya. Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh guru untuk membuat
siswa tertarik mengikuti pelajaran adalah dengan menciptakan suasana belajar yang
menyenangkan. Menyenangkan berarti siswa antusias dalam prosesnya. Hal yang bisa dilakukan
adalah dengan membangun kecintaan terhadap pelajarannya terlebih dahulu. Mengajak siswa
mengenal lebih tentang suatu mata pelajaran, ilmuwan favorit pada mata pelajaran tersebut dan
bagaimana pengaplikasiannya dalam kehidupan sehari-hari merupakan bagian dari usaha
menumbuhkan kecintaan siswa.
Pada pelajaran Fisika misalnya, siswa diminta membuat suatu video yang isinya
menceritakan tentang tokoh Fisika favorit, sumbangan idenya untuk perkembangan dunia,
teladan apa yang diberikan oleh tokoh tersebut. Siswa diberi kebebasan menceritakannya dalam
bahasa asing yang mereka kuasai. Tidak sedikit siswa yang sangat senang dan bangga bisa
bercerita dengan percaya diri dalam bahasa inggris, korea dan mandarin. Keterampilan mereka
dalam mempresentasikan dan menghasilkan sebuah video yang baik juga menjadi poin
tambahan. Penting juga bagi Guru untuk mengapresiasi karya siswa melalui tugas-tugas yang
mereka kerjakan. Salah satunya adalah dengan menayangkan video-video tersebut disetiap awal
jam pelajaran sebagai pengantar sebelum masuk ke materi ajar. Jadi, secara tidak langsung satu
tugas ini bisa membuat siswa mengeksplor semua kemampuannya atau dengan kata lain “sekali
dayung dua tiga pulau terlampaui”.
Cara ini diharapkan bisa menjadi salah satu contoh Sistem Pembelajaran Kreatif bagi
Guru untuk mengajak siswa mengenal dan mencintai suatu Mata Pelajaran. Selain menambah
pengetahuan umum, siswa juga bisa memahami alasan mengapa mereka mempelajari Mata
Pelajaran tertentu.
Penulis : Feridiana Katarina Minda, S.Pd.
-
tel u19 Feb 2023 07:02:55bagaimana siswa agar kreatif?