Article Detail
Mengembangkan Potensi Karakter Siswa dalam Kurikulum Merdeka
“Mengembangkan potensi karakter siswa dalam kurikulum Merdeka.”
Salah satu kutipan yang menjadi poin penting dalam MPLS 2024 SMA Tarakanita Gading Serpong. “Apakah ada yang tau apa itu kurikulum?” Pertanyaan tersebut merupakan awalan untuk mengisi sesi kali ini. Sesi MPLS kali ini di MPLS hari pertama, 9 Juli 2024 bersama dengan Ibu wakil kepala sekolah di bidang Kurikulum, Ibu Teresia Pujayanti, S.Pd. Bersama Ibu Tere, pada kesempatan kali ini memaparkan mengenai sosialisasi kurikulum. Pertanyaan sebelumnya yang menanyakan mengenai pengertian kurikulum dijawab dengan penuh analisis oleh salah satu peserta MPLS.
“Sistem pembelajaran,” merupakan kunci dari jawaban salah satu peserta tersebut. Apresiasi diberikan dengan meriah sebagai salah satu bentuk menghargai sesama. Jawaban yang diberikan merupakan yang tepat. Kurikulum tentunya merupakan pilar penting dalam proses pendidikan. Benar adanya menurut jawaban salah satu peserta MPLS tersebut, bahwa kurikulum merupakan sebuah sistem yang menjadi pedoman dan pengatur dalam sistem pembelajaran dalam aktivitas belajar mengajar.
Pada tahun ajaran baru ini, sama dengan kelas X yang sebelumnya, kurikulum yang digunakan oleh peserta didik kelas X yaitu “Kurikulum Merdeka”. Dengan jumlah kelas sebanyak 7 dan mata pelajaran yang akan diikuti yaitu sebanyak 21 mata pelajaran. Menjadi hal yang baru tentunya bagi para peserta didik baru, karena bagi mereka kurikulum merdeka menjadi hal yang baru dan di masa SMA ini tentunya akan berdinamika dengan cara yang baru pula berbeda dengan pendidikan sebelumnya di SMP.
Kurikulum merdeka yang sudah jauh berbeda dengan kurikulum sebelumnya, sudah diterapkan pada kelas X yang lalu yang sudah menjadi kelas XI sekarang ini. Tentunya proses dan dinamika pada kurikulum merdeka ini akan selalu berkembang dan beradaptasi sesuai dengan karakter, bakat, dan juga minat siswa.
Kurikulum merdeka dan bagaimana cara sekolah merancang proses pendidikan tentunya selaras dengan tujuan pendidikan menurut Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan, Teknologi, dimana dipaparkan bahwa tujuan pendidikan yaitu untuk membangun akhlak sesuai dengan nilai Pancasila, dan siap untuk menempuh Pendidikan Perguruan Tinggi. Tidak lupa juga, bahwa seluruh proses pendidikan pun disusun dan dibentuk menurut nilai-nilai Tarakanita agar sesuai dengan visi misi Tarakanita.
Harapannya dalam sosialisasi kurikulum ini, dimana dijelaskan bagaimana cara pembelajaran, pelajaran peminatan, jam pelajaran dan hal lain yang berkaitan dengan proses belajar dan mengajar di SMA Tarakanita Gading Serpong di tahun pembelajaran 2024/2025 ini dapat memberikan gambaran kepada peserta didik baru agar dapat turut serta bekerja sama dalam dinamika di kurikulum Merdeka ini. Supaya tujuan pendidikan dan visi misi Tarakanita dapat direalisasikan dan pribadi setiap peserta didik pun dapat berkembang dan menjadi pribadi yang berbudi luhur.
-Margareth Luvita Gulto
-
there are no comments yet