Article Detail

PBL Biologi

Pembelajaran berbasis proyek dapat dilakukan oleh guru melalui sebuah karya inovatif. Model pembelajaran Project Based Learning (PBL) tidak hanya fokus pada hasil akhir saja namun lebih menekankan pada proses bagaimana siswa dapat memecahkan masalah yang kemudian dapat menghasilkan sebuah produk.

Kali ini Pak Mario selaku guru mata pelajaran Biologi menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis proyek dalam mengajar siswa kelas X.1. Kelas dibagi menjadi beberapa kelompok belajar dan setiap kelompok diminta berdiskusi sesuai topik yang diberikan. Berdasarkan topik tersebut kemudian menimbulkan pertanyaan-pertanyaan seperti apa saja jenis-jenis flora fauna yang hidup pada ekosistem tersebut, dimanakah ekosistem tersebut dapat muncul, apa manfaat dari adanya ekosistem bagi kehidupan, dan sebagainya. Setiap kelompok menghasilkan sebuah infografis yang di presentasikan di depan kelas yang kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.

Manfaat pembelajaran dengan menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis proyek ini sangat beragam. Manfaat tersebut ialah siswa menjadi mandiri dalam mengeksplor materi sehingga informasi yang didapat menjadi lebih bervariasi. Tidak hanya itu, pendekatan ini juga memunculkan stimulus siswa dalam menganalisis sebuah permasalahan dan meningkatkan pola komunikasi dan community dalam kelompok.


A group of people in a classroom

Description automatically generated

Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment